-->
download mars humanis fisip unhas

Press Release Kelas Advokasi





HUMANIS FISIP UNHAS menggelar kelas Advokasi dengan tema “Menjadi Mahasiswa Kritis dalam Bingkai Advokasi”. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari pada Sabtu dan Minggu, 16-17 Oktober 2021 di Pelataran Baruga A.P. Pettarani. Menghadirkan Resky Ananda Putri dan Ikhlasy Anugrah M. Sebagai pemateri, dengan submateri Pengantar Advokasi dan Riset Advokasi.


Advokasi adalah upaya untuk melakukan perubahan terhadap suatu isu, kebijakan dll. Hal itu berarti tindakan-tindakan yang dilakukan bertujuan untuk mencapai suatu perubahan. Dalam mengadvokasi, berbagai cara dapat dilakukan. Hal ini disesuaikan dengan isu atau permasalahan yang akan menjadi bahasan dalam advokasi. 


Antusias para anggota Humanis Fisip Unhas sangatlah baik, karena salah satu pemateri kelas advokasi merupakan koordinator Departemen Advokasi dan Pengabdian Masyarakat Humanis Fisip Unhas periode 2019-2020, yang eksistensinya dalam lembaga organisasi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, dengan segudang pengalaman dan perannya dalam sebuah organisasi.


Untuk materi kedua membahas tentang Riset Advokasi dengan pemateri Ikhlasy Anugrah M, dari lembaga Advokasi Law Unhas. Riset erat kaitannya dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan advokasi. 


Di dalam riset terdapat proses untuk melakukan investigasi suatu masalah, memperluas ilmu pengetahuan, mengeksplorasi teori yang didapat, mencari data-data dan informasi yang terkait, hingga mendapatkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Adapun tujuan dari riset advokasi yaitu untuk menemukan data-data dan informasi terkait isu, masalah ataupun kebijakan guna melakukan suatu perubahan.


Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan Anggota Humanis Fisip Unhas mampu mengetahui dan memahami terkait advokasi dan jenis-jenisnya, bagaimana langkah-langkah mengadvokasi, serta teknik-teknik dan proses merancang riset advokasi.



Salam Biru Langit,

Kejayaan Dalam Kebersamaan!