-->

Subscribe Us

download mars humanis fisip unhas

Press Release Seminar Hasil Penelitian dirangkaikan dengan Dialog Administrasi

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Humanis FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan dan Seminar Hasil Penelitian Studi Administrasi Penelitian (SAMPEL). Kegiatan ini berlangsung di Warkop Al-Fayyadh Kabupaten Maros, Sabtu (20/5).

Kegiatan ini merupakan program kerja oleh Departemen Keilmuan dan Penalaran. Seminar hasil ini merupakan presentasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa Administrasi Publik berfokus pada partisipasi, kebijakan, serta peningkatan usaha masyarakat desa. 

Sekretaris Departemen Ilmu Administrasi, Dr. Muh. Tang Abdullah, S.Sos., M.A.P. dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung di dalam Humanis FISIP Unhas. "Kegiatan yang dilakukan ini positif dan kontributif terhadap perkembangan keilmuan juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat," ucapnya. 

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Dialog Administrasi dengan tema "Peningkatan Kemandirian Ekonomi Desa". Menghadirkan Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, H. Andi Abbass Maskur, SE., MSi. sebagai pemateri

Dalam kesempatannya, ia menyampaikan pendapatan desa berasal dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa (ADD), dan Pendapatan Asli Desa (PADes). "Sehingga kita perlu perkuat BUMDes untuk kemandirian ekonomi karena salah satu sumber PADes itu adalah badan usaha atau unit usaha dari desa tersebut ," ujar Abbas.

Abbas menyampaikan empat hal yang memengaruhi BUMDes yaitu faktor sumber daya alam, modal, pengelola, dan pemasaran produk barang dan atau jasa yang dihasilkan. "Jadi kita harus mengidentifikasi potensi ekonomi desa yang harus dioptimalkan sebagai sumber daya lokal apakah di bidang pertanian, pariwisata, atau industri rumah tangga," ungkapnya.


Salam Biru Langit,

Kejayaan dalam Kebersamaan!