-->

Subscribe Us

download mars humanis fisip unhas

PERAN RELAWAN PENDIDIKAN DALAM MENCAPAI KECERDASAN BANGSA

 Oleh: Departemen Advokasi dan Pengabdian Masyarakat

            Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan seharusnya perlu ditempuh seseorang sepanjang hayat. Proses tersebut akan terus berlangsung dimana seseorang mengakui sisi sikap, nilai, keterampilan, dan pengetahuan dari pengalaman sehari-hari. Proses ini dialami oleh setiap orang sebagai pengalaman yang terjadi sepanjang hidupnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa pendidikan memberikan sumbangsi besar terhadap perkembangan potensi manusia dalam membentuk kepribadian dan kemampuan yang nantinya dapat menciptakan generasi muda yang berkualitas bagi suatu Negara.

            Pendidikan yang ada di Indonesia merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengembangkan potensi anak bangsa ke arah yang lebih baik. Dengan pendidikan, seseorang akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dari lingkungan sekitar maupun dari pengalaman yang dialaminya. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi di sekitar kita adalah kurangnya pemerataan pendidikan bagi seluruh masyarakat. Masih banyaknya kesenjangan yang terjadi di daerah-daerah yang terpencil menjadi ancaman besar bagi generasi muda bangsa. Selain itu, kurangnya perhatian pemerintah dalam menyediakan sarana, prasarana hingga akses menjadi bukti masih buruknya kualitas pendidikan di negara ini.

            Melihat berbagai kondisi tersebut, tentunya diperlukan kesadaran dan kontribusi dari semua lapisan masyarakat untuk turut andil dalam membangun pendidikan di Indonesia. Tidak hanya dari pihak pemerintah yang memang berkewajiban untuk memajukan pendidikan, masyarakat pun perlu mengambil bagian dalam meingkatkan pendidikan di Indonesia. Masyarakat harus memiliki kesadaran bahwa untuk memajukan pendidikan di Indonesia, diperlukan campur tangan berbagai pihak termasuk diri masyarakat itu sendiri. Kemajuan pendidikan di Indonesia tidak dapat dicapai bila hanya satu pihak yang bergerak aktif. Akan tetapi, tentunya semua pihak harus sama-sama aktif bergerak maju untuk pendidikan Indonesia.

            Melihat masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, pada momen inilah relawan pendidikan sangat dibutuhkan dalam menangani masalah  tersebut. Relawan pendidikan tentunya memiliki tujuan tulus untuk membantu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak orang yang mulai meyadari bahwa pendidikan Indonesia saat ini masih memiliki banyak masalah. Mereka kemudian ingin membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Rasa solider adalah dasar dari apa yang mereka perbuat. Adanya jiwa sosial yang tinggi, yang kemudian membuat mereka bergerak secara sukarela dan turut mengambil bagian untuk kebaikan orang lain, terkhusus orang-orang yang masih tertinggal agar dapat pula mengenyam pendidikan. Faktor ekonomi merupakan salah satu faktor ketidakmerataan pendidikan di Indonesia, yang kemudian membuat para relawan turut membantu secara langsung dengan hati yang ikhlas. Mereka rela tidak digaji untuk mengajar anak-anak di daerah terpencil.

            Akan tetapi, perlu diketahui bahwa seorang relawan membawa harapan di tengah masyarakat dengan aksi-aksi kebaikannya. Namun, tentunya hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan dan banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Sebagai seorang relawan, tentu harus siap menerima segala konsekuensi yang akan dihadapi saat terjun langsung dalam sebuah aksi sosial. Setiap relawan harus menyadari bahwa hakikat relawan harus bekerja tanpa pamrih. Tidak hanya modal bekerja secara sukarela, para relawan pun harus siap menghadapi segala kemungkinan resiko baik atau buruk pada setiap aksi sosial yang dilakukan.

Adapun tantangan yang akan dihadapi oleh para relawan, antara lain:

  • Relawan harus menyiapkan dana dan kebutuhan pribadi untuk mendukung aksi. Relawan dituntut bekerja tanpa mengharapkan imbalan, bahkan tidak jarang para relawan harus mengorbankan kepentingan pribadi dan mengedepankan kepentingan sosial. Oleh sebab itu, paa relawan juga dituntut untuk siap dalam hal materi dan mental untuk dapat terjun dalam sebuah aksi sosial.
  • Relawan akan menghadapi berbagai macam tipe individu. Ketika terjun dalam sebuah aksi sosial, para relawan harus mampu berinteraksi dengan berbagai individu, mulai dari individu sesama relawan hingga korban atau individu yang hendak dibantu. Setiap waktu relawan harus mampu menghadapi sifat dan sikap individu yang berbeda-beda. Para relawan diharapkan memiliki sikap mudah berkomunikasi dan sabar sehingga mengurangi resiko perselisihan.
  • Relawan akan menghadapi tuntutan program kerja dalam sebuah organisasi. Setiap relawan yang tergabung dalam sebuah organisasi tentu telah memiliki peranan masing-masing dalam sebuah program aksi sosial. Sehingga para relawan juga harus mampu mencapai kriteria tertentu yang telah ditentukan dalam sebuah organisasi, sehingga visi misi aksi sosial dapat terpenuhi.
  • Ketika melakukan aksi, terkadang para relawan harus siap dengan kondisi lingkungan baru.
  • Relawan siap meninggalkan karir atau pendidikan selama rentang waktu tertentu. Ketika siap menjadi seorang relawan, maka harus siap untuk mengorbankan beberapa kepentingan pribadi. Bahkan ada beberapa relawan siap meninggalkan karir atau pendidikan untuk sementara waktu demi melakukan tindakan kerelawanan.
  • Siap menghadapai berbagai cuaca ekstrem.

            Itulah sedikit hal terkait relawan. Yang mana perannya sangat besar dalam kehidupan. Orang-orang yang tidak berlandaskan materi dalam bertindak. Yang menyentuh sendi-sendi kehidupan, bahkan ke tempat yang sulit dan terpencil. Jasanya tak terlupakan, sangat membantu kehidupan bermasyarakat, termasuk dalam aspek pendidikan.

      Pada intinya, relawan tentang menyumbangkan tenaga dan pikiran. Seperti istilah yang digunakan “relawan”, meniscayakan kerelaan dalam melakukan sesuatu. Menjadi relawan merupakan tindakan yang mulia. Tindakan semacam itu menghidupkan rasa kemanusiaan. Tidak terkecuali relawan yang bergerak di bidang pendidikan. Dengan tujuan mulia, mencerdaskan kehidupan bangsa.


Salam Biru Langit,
Kejayaan Dalam Kebersamaan