-->

Subscribe Us

download mars humanis fisip unhas

NOTULENSI KONFERENSI NASIONAL

 


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

BUMDes adalah salah satu sumber pendapatan desa bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, dan meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Hadirnya BUMDes tidak terlepas dari isu yang membarengi seperti halnya pada pengelolaan BUMDes itu sendiri. Kepercayaan publik terhadap BUMDes dinilai menjadi hal yang penting karena fenomena bahwa BUMDes harus bisa mengakomodasi kepentingan masyarakat secara umum.

Hadirnya Undang-Undang Cipta Kerja memberikan dampak yang positif terhadap BUMDes dalam perubahan dari status badan usaha menjadi badan hukum. Hal ini memungkinkan untuk lebih mudah dalam hal akses permodalan. Namun, hal ini tentunya yang harus diperhatikan untuk kemudian diatur, agar tidak terjadi dominasi pihak ketiga yang dapat mengancam kepemilikan BUMDes itu sendiri.

Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa)

SDGs Desa merupakan salah satu program dari Kementerian Desa sebagai bentuk perencanaan yang berdasarkan pada data kondisi desa tertentu. Terdapat 18 indikator dalam SDGs ini yang nantinya menghasilkan rekomendasi program/kegiatan berdasarkan masalah yang ada. Hal yang harus diperhatikan dalam SDGs Desa ini yakni bagaimana partisipasi masyarakat desa harus tetap diperhatikan dalam perencanaan pembangunan desa.