-->

Subscribe Us

download mars humanis fisip unhas

Karya Jurnalistik Peserta HUMANISTIK 2022


 


 ______________________

TERBAIK 1

Pelatihan Jurnalistik Humanis Fisip Unhas : Menulis Untuk Publik Citizen Reporter : Rita Aulinanda


Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin menggelar pelatihan jurnalistik di gedung FISIP Unhas. Sabtu (26/3/2022).

 

Pelatihan ini dihadiri oleh dua pemateri yaitu Masyita Marsuki selaku jurnalis Edunews dan Daffa Ath Naufal selaku freelance photographer dan videographer.

 

Dalam penjelasannya, Masyita Marsuki menekankan bahwa seorang Jurnalis menulis untuk publik.

 

"Menulis berita tidak boleh menggunakan perspektif perseorangan, karena berita akan ditujukan kepada publik, dan jurnalis menulis untuk publik" ujar Masyita.

 

Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Dimana, Jurnalis harus senantiasa setia pada kejujuran untuk memberikan informasi yang aktual dan pengedepanan objektivitas yang terlihat dalam isi berita tersebut.

 

Seorang Jurnalis menekankan hal-hal yang umum dahulu baru ke hal yang khusus. Tujuannya adalah untuk memudahkan atau mempercepat pembaca dalam mengetahui apa yang diberitakan. Humanis FISIP Unhas Gelar Pelatihan Humanistik, Usung Tema "Be The Best Journalist In Digital Era"

_______________________________

TERBAIK 2

                        Belajar Dasar Jurnalis Melalui Kegiatan Humanistik Citizen
                    Citizen Reporter : Mutiara

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin menggelar pelatihan jurnalistik dengan tema "Be The Best Journalist In Digital Era" yang diadakan di FISIP Unhas, Sabtu 26/03 /2022.

 Kordinator Kominfo Humanis FISIP Unhas, Azwar Ramadhan mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan harapan agar para peserta bisa mengetahui lebih mendalam bagaimana dasar- dasar menjadi seorang jurnalis.

Lanjutnya lagi, setelah pelatihan ini akan diadakan adm view untuk mengasah lebih dalam lagi skill jurnalis yang di miliki peserta.

 Masyita Marsuki selaku pemateri mengatakan bahwa menjadi seorang jurnalis harus tangkap terhadap isu yang ada disekitarnya, kemudian memberitakannya secara jujur dan adil.

 Bapak Adnan Nasution selaku perwakilan Ketua Departemen Ilmu Administrasi FISIP Unhas, mengapresiasi kegiatan ini karena bisa menjadi bekal dasar untuk para peserta dalam dunia jurnalistik.


__________________________


TERBAIK 3                                    

 Gelar Pelatihan Jurnalistik, Humanis FISIP Unhas Kembangkan Skill Mahasiswa

Citizen Reporter : Aulia Nur Muhardina

Sabtu, 26/3/2022 Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Mengadakan pelatihan jurnalistik di FISIP Unhas dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Masyita Marsuki dan Daffa Ath Naufal yang berkompeten di bidangnya masing- masing.

 Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Adnan Nasution sebagai perwakilan ketua Departemen Ilmu Administrasi Publik. "Kegiatan jurnalistik ini perlu diapresiasi karena sangat bermanfaat bagi pembekalan dasar jurnalistik dan skill yang dibutuhkan oleh mahasiswa" Ujarnya.

Pada pembawaan materi, Masyita Marsuki sebagai pemateri pertama lebih menekan mengenai dasar-dasar untuk menjadi seorang jurnalis sedangkan pemateri kedua yang dibawakan langsung oleh Daffa Ath Naufal lebih menekankan mengenai Audio Visual.

 

Koordinator Departemen Kominfo, Azwar Ramadhan mengatakan "Jurnalistik ini tentu relevan dengan kerja kerja kemahasiswaan, seperti menggagas ide, mengumpulkan informasi, mengolah, dan menyebarluaskannya untuk kemaslahatan,”

 

Adapun kegiatan lanjutan setelah ini adalah akan dibentuknya tim guna memberi pelatihan praktis bagi para peserta sebagai eksekusi dari materi yang telah diberikan dengan menyasar isu isu kampus maupun kota.


_____________________________

HUMANISTIK 2022

Citizen Reporter: Nur Afniah Rahmah S.


Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin menggelar pelatihan jurnalistik yang diadakan di FISIP Unhas pada sabtu 26 Maret 2022.Diikuti oleh mahasiswa Ilmu Administrasi FISIP Unhas.

 

Pelaksanaan pelatihan ini mengusung tema Be The Best Journalist In Digital Era. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat menjadi jurnalis hebat di era digital setelah mengikuti kegiatan jurnalistik ini.

 

Skill mahasiswa tentang jurnalis bisa dikembangkan melalui jurnalistik. Koordinator Kominfo Humanis FISIP Unhas, Azwar Ramadhan mengatakan bahwa setelah kegiatan ini akan dibentuk tim agar dapat lebih mengembangkan pelatihan jurnalis bagi para peserta.

 

Adapun pembukaan pelatihan ini berlangsung lancar. Bapak Adnan Nasution selaku perwakilan Ketua Departemen Ilmu Administrasi FISIP Unhas mengapresiasi kegiatan jurnalistik ini.

 

"Kegiatan ini perlu diapresiasi karena bermanfaat bagi pembekalan dasar jurnalistik kepada mahasiswa" tukas Adnan Nasution, dalam sambutannya saat pembukaan pelatihan Jurnalistik.

 

Dalam penyampaian materi dasar-dasar jurnalistik juga kakak Masyita Marsuki mengatakan bila pusing melihat berita tuangkan dalam sebuah tulisan.

 

"Berita yang kita baca belum tentu benar, dari pada pusing dengan kebenaran berita tersebut maka tuangkanlah dalam sebuah tulisan" kata Masyita Marsuki Pemateri Dasar-Dasar Jurnalistik.


______________________________


HUMANIS Berikan Dasar Jurnalistik ke Mahasiswa Citizen Reporter : Zakia Safitri Sijaya

 

Pada tanggal 26 Maret 2022 Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (HUMANIS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menghadirkan dua pemateri yang ahli di bidangnya yaitu Masyita Marsuki yang merupakan Journalist of Edunews juga Daffa Ath Naufal yang merupakan Freelance Photographer & Videographer.

 

Hal ini untuk membantu mahasiswa peserta HUMANISTIK dalam mengembangkan skill Jurnalis mereka dengan materi-materi seperti dasar-dasar jurnalistik dan audio visual.

 

Pelatihan ini diusung dengan tema "Be the Best Journalist In Digital Era." Tema tersebut juga sekaligus harapan dari Departemen Komunikasi dan Informasi HUMANIS FISIP UNHAS sebagai pelaksana HUMANISTIK.

 

"Kegiatan ini diadakan agar mahasiswa dapat menjadi jurnalis yang hebat di era digital." Ungkap Azwar Ramadhan selaku Koordinator Departemen KOMINFO FISIP UNHAS.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Adnan Nasution sebagai perwakilan Kepala Departemen Administrasi.

Beliau sangat mengapresiasi Humanistik ini


"Kegiatan Humanis Jurnalistik ini perlu diapresiasi karena sangat bermanfaat bagi pembekalan dasar Jurnalistik kepada mahasiswa. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini harapannya dapat mendatangkan manfaat." jelasnya

 

Adapun output dari kegiatan ini yaitu peserta Humanistik dapat mengaplikasikan materi-materi yang diberikan di dalam mengulik isu-isu kampus maupun kota.


__________________________________


Mengasah Skill Mahasiswa, HUMANIS FISIP UNHAS Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik Citizen Reporter : Miftah Triya Hasanah

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (HUMANIS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (UNHAS) gelar pelatihan dasar jurnalistik yang mengusung tema "Be The Best Journalist In Digital Era" di Ruangan FISIP UNHAS. Sabtu (26/3/2022)


Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kominfo. Azwar Ramadhan selaku koordinator departemen Kominfo mengatakan pelatihan ini bertujuan agar ilmu mahasiswa dapat menjadi jurnalis yang hebat di era digital ini.


Sebagai output kegiatan, akan dibentuk tim guna memberikan pelatihan praktis bagi para peserta.

 

“Anggota tim berasal dari para peserta pelatihan ini. Nantinya akan diturunkan ke lapangan untuk mengasah skill jurnalistik dengan menyasar isu isu kampus maupun kota,” tambahnya.

 

Kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh Departemen Ilmu Administrasi FISIP UNHAS, Adnan Nasution S.Sos., M.Si. selaku yang mewakili ketua departemen ilmu administrasi mengatakan bahwa dengan adanya pembekalan ini, akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.


_____________________________


Humanis FISIP Unhas Gelar kegiatan pelatihan jurnalistik Citizen Reporter : Nurannisa

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (HUMANIS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin menggelar pelatihan jurnalis pada sabtu,26 Maret 2021

 

kegiatan ini mengusung tema Be The Best Jurnalist dan dibekali dua materi yaitu Dasar dasar Jurnalistik dan Jurnalistik Audio Visual

Diharapakan setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa mampu mengaplikasikan materi materi yang diberikan dalam mengulik isu-isu di kampus maupun kota

 

Azwar Ramadhan selaku Koordiantor Kominfo Humanis FISIP Unhas mengatakan harapan dari departemen kominfo dengan adanya humanistik ini para peserta diharapkan bisa menjadi jurnalis yang hebat di era digital

 

Adnan Nasution S.Sos., M.Si yang mewakili Ketua Departemen Ilmu administrasi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut

 

"Kegiatan ini perlu diapresiasi karena bermanfaat bagi pembekalan dasar jurnalistik kepada mahasiswa" tukas Adnan Nasution.


________________________



            Humanis FISIP Unhas siapkan wadah bagi mahasiswa lewat pelatihan jurnalistik 


                                                   Citizen Reporter : Aisyah Rahman


Departemen Komunikasi dan informasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) FISIP Unhas, mengadakan pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa di FISIP Unhas, Sabtu 26/03/2021.

 

Pelatihan ini di bawakan langsung oleh Masyita Marsuki selaku jurnalis Edunews dan Daffa Ath Naufal yang berprofesi sebagai freelance photographer dan videographer.

 

Materi yang di bawakan berupa dasar-dasar jurnalistik yang dibawakan oleh saudari Masyita sendiri dan materi Jurnalistik Audiovisual yang dijelaskan dan dipraktekkan langsung oleh saudara Daffa.

 

Koordinator Kominfo humanis fisip Unhas, Azwar Ramadhan mengungkapkan bahwa setelah kegiatan ini akan kembali dibentuk tim mandat guna melihat dan mengasah kemampuan peserta dalam ilmu jurnalistik.

 

"Anggota tim berasal dari para peserta pelatihan ini. Nantinya akan diturunkan ke lapangan untuk mengasah skill jurnalistik dengan menyasar isu isu kampus maupun kota,” jelasnya.

 

Output dari pelatihan ini diharapkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bisa mengulik isu-isu di sekitarnya dan mampu menyebarkannya.



_______________________________

Humanis FISIP Unhas Gelar Humanistik Yang Bertemakan "Be the Best Journalist In Digital Era."

Citizen Reporter : Andi Wahyunisa


Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan teori dengan mengangkat materi Dasar-Dasar Jurnalistik dan Jurnalistik Audio Visualv di FISIP Unhas. Sabtu, (26/3/2022).

 

Azwar Ramadhan selaku Koordinator dari Departemen Komunikasi dan Informasi berharap setelah berakhirnya kegiatan ini, mampu melahirkan mahasiswa yang berhasil menjadi seorang jurnalis cemerlang di era digital sekarang ini.

 

Kegiatan pelatihan ini dibawakan oleh Masyita Marsuki selaku pembawa materi Dasar-Dasar Jurnalistik dan Daffa Ath Naufal selaku pembawa materi Jurnalistik Audio Visual.

 

Di tengah-tengah acara pembukaan, Adnan Nasution S.Sos., M.Si turut hadir sebagai perwakilan dari ketua Departemen Ilmu Administrasi FISIP Unhas. Ia sangat mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan Humanistik ini.

 

"Kegiatan Humanis Jurnalistik ini perlu diapresiasi karena memberikan ilmu yang sangat bermanfaat tentang dasar Jurnalistik bagi mahasiswa." Ujarnya.


_____________________


Humanis FISIP Unhas gelar pelatihan jurnalistik dengan tema " Be The Best Journalist " 

                                                    Citizen Reporter : Ade Masaly

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Humanis) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin mengadakan pelatihan jurnalis pada sabtu,(26/3/2022).

 

Pelatihan ini diadakan guna meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang jurnalistik.

Dengan materi jurnalis yang dibawakan oleh Masyita Marsuki selaku jurnalis Edunews dan materi audio visual yang dibawakan oleh Daffa Ath Naufal selaku freelance photographer dan videographer.

 

Azwar Ramadhan selaku koordinator kominfo Humanis FISIP Unhas Mengharapkan Output yang dihasilkan dari kegiatan ini guna melatih dan mengasah kemampuan peserta dalam bidang jurnalistik.



_______________________________


HUMANIS FISIP UNHAS Gelar Humanis Jurnalistik 

                Citizen report: Nur Fauzi Zaahirah

 

Departemen Komunikasi dan Informasi HUMANIS FISIP UNHAS menggelar kegiatan Humanis Jurnalistik bertempat di Ruang kelas FIS III 107 FISIP UNHAS.

 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama sehari pada hari sabtu tanggal 26 Maret 2022 dan dibagi menjadi dua sesi pelatihan dengan materi Dasar-Dasar Jurnalistik dan Jurnalistik Audio Visual.


Koordinator Departemen Komunikasi dan Informasi Azwar Ramadhani mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan pelatihan dan pembekalan teori dan praktik mengenai jurnalistik.

Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh Masyita Marzuki selaku Jurnalis Edunews dan Daffa Ath Naufal sebagai Freelance Photographer dan Videographer.

Adnan Nasution S.Sos,. M.Si selaku yang mewakili ketua Departemen Ilmu Administrasi FISIP UNHAS, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

 

"Kegiatan Humanis Jurnalistik ini perlu diapresiasi karena sangat bermanfaat bagi pembekalan dasar jurnalistik kepada mahasiswa. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini harapannya dapat mendatangkan manfaat". 


_________________________________

© HUMANISTIK 2022