-->

Subscribe Us

download mars humanis fisip unhas

Magang Online, Solusi Bagi Mahasiswa di Masa Pandem

Oleh : Fitriani .S


Masa pandemi Covid-19 bersama dengan mulainya era new normal menjadikan apa yang dialami sekarang ini memang bisa dibilang tergolong serba baru. Melakukan tatap muka hanya dari perangkat elektronik, baik telepon genggam maupun laptop di rumah masing- masing. Sehingga sejumlah mahasiswa saat ini sulit memenuhi target magang atau Praktek Kerja Lapangan. Magang merupakan kegiatan yang amat penting bagi mahasiswa itu sendiri untuk menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan diri, memahami lebih dalam seluk- beluk dunia kerja, sekaligus juga wahana dalam membangun relasi pada bidang peminatan mahasiswa.

Magang dapat menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi seorang mahasiswa, melalui magang, mahasiswa dikenalkan dengan berbagai kegiatan nyata yang dikerjakan dalam dunia kerja. Sehingga, magang pun mampu memberikan skill baru dan mengasah skill yang sudah dimiliki seorang mahasiwa. Selain itu, beberapa mahasiswa mulai memiliki penghasilan karena kecepatan dan keterampilan bekerja pada proyek disertai dengan kemampuan manajemen waktu. Selain bermanfaat bagi siswa secara pribadi, aktivitas magang ini juga memengaruhi akreditasi kampus. Sertifikat magang adalah bukti ilmu yang disediakan di kampus dapat dipraktikkan oleh siswa dan menawarkan manfaat.

Magang di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri bagi para mahasiswa. Mahasiswa yang melaksanakan magang, sistem WFH sudah pasti terdengar kurang menyenangkan, mengingat magang merupakan sebuah kesempatan besar bagi mahasiswa merasakan bagaimana suasana kantor yang sebenarnya, menambah lebih banyak relasi agar kedepannya semakin mantap terjun ke dalam dunia kerja yang sebenarnya. Tapi jika dipikirkan lagi, WFH sebenarnya tidaklah seburuk itu. Dengan melakukan kegiatan magang di rumah, waktu kerja sebenarnya akan lebih fleksibel. Mahasiswa tak perlu melakukan tugasnya sepanjang hari seperti saat berada di kantor, yang penting laporan tetap diberikan sebagaimana mestinya, meeting tetap berjalan secara rutin, bahkan ajang menambah relasi pun masih bisa dilakukan walau tanpa bertatap muka secara langsung, semuanya tetap terkoordinasi dengan baik tanpa kendala yang berarti.

Magang online dapat dilakukan kapan saja selama mahasiswa siap untuk membagi waktu. Manfaat yang diperoleh dengan berpartisipasi dalam kegiatan magang online adalah mahasiswa yang lebih berkualitas untuk bekerja pada proyek tersebut. Bonus tambahan adalah untuk mendapatkan penghasilan dari yang memberikan kerja. Bukan tidak mungkin untuk melanjutkan kerjasama, bahkan mahasiswa dapat direkrut untuk bekerja. Ada banyak pilihan pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa dalam kegiatan magang online yang dapat ditemukan di situs sendiri. Mahasiswa hanya memilih sesuai dengan kemampuan mereka. Namun, mahasiswa yang ingin mengikuti magang juga sebaiknya mencari program magang yang sesuai dengan ilmu yang ditekuni. Selain agar merasa nyaman dan maksimal selama menjalani magang, magang yang sesuai dengan ilmu yang diminati akan mampu memberikan gambaran proyeksi dunia kerja yang mungkin akan kita geluti nantinya