-->

Keefektifan Penerapan Standardisasi pada Organisasi (Oleh : Rezky Nurfadhilah)


KEEFEKTIFAN PENERAPAN STANDARDISASI PADA 
ORGANISASI 
(Oleh : Rezky Nurfadhilah)

Standardisasi adalah penyesuaian bentuk (ukuran, kualitas, dan sebagainya) dengan pedoman atau standar yang telah ditetapkan.( Kamus Besar Bahasa Indonesia ). Standarisasi ini merupakan bagian dari komponen kedua struktur organisasi yaitu formalisasi. Dimana formalisasi berorientasi pada suatu ukuran tentang standardisasi. Jadi, antara formalisasi dan standardisasi sangat berkaitan satu sama lainnya. 

Sebuah pendekatan alternatif mengatakan bahwa formalisasi ini berlaku untuk peraturan yang tertulis maupun tidak. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan standardisasi dari setiap organisasi itu berbeda dengan organisasi lainnya. Misalnya saja, pada bagian administrasi dimana mereka harus datang tepat waktu sesuai standar seperti jam 8 pagi. Apabila mereka tidak datang tepat waktu, maka mereka akan dikenakan sanksi misalnya pemotongan uang harian atau ditegur langsung oleh pimpinan. 

Selain itu, dengan digunakannya standardisasi pada proses produksi dan pelayanan jasa dengan efisien, diharapkan masalah kesejahteraan ekonomi, lingkungan dan aspek sosial kemasyarakatan akan berjalan dengan baik secara berkelanjutan termasuk didalamnya perlindungan terhadap kualitas hidup manusia dan alam sekitar secara menyeluruh. ( Dumont:2015 ). Standardisasi adalah jawaban sistematis terhadap upaya menuju efisiensi. 

Salah satu contoh yang menunjukkan bahwa organisasi tidak selamanya memiliki standardisasi yang sama. Misalnya KFC di negara Korea dengan KFC di negara Indonesia, dimana di Korea tidak menjual nasi sebagai pendamping dalam penyajiannya, sedangkan jika Indonesia, makan ayam saja tanpa nasi rasanya hampa. Hal ini terjadi karena mereka menyesuaikan konsep hingga menu dengan kearifan lokal dan kebiasaan konsumen pada kedua negara tersebut. Manfaat standardisasi bagi dunia bisnis seperti ini yaitu dimana memungkinkannya dapat mengembangkan dan memberikan produk dan jasa yang sesuai dengan spesifikasi sehingga dapat diterima dan meningkatkan kemampuan bersaing. 

Disadari ataupun tidak dalam kehidupan pasti memerlukan suatu standar, dimana dalam hal ini terkait dengan persoalan dalam kehidupan manusia. Secara umum, standardisasi sebagai suatu sistem yang meliputi tahapan, proses dan keluaran dalam menyajikan manfaat bagi kehidupan. 




DAFTAR PUSTAKA

Buku Teori Organisasi ( Struktur, Desain, & Aplikasi ), Stephen P.Robbins